Translate

Thursday 12 January 2017

6 cara perawatan mobil saat musim hujan

Kali ini B.P.I akan memberikan info seputar perawatan untuk menjaga keawetan mobil agar tetap baik pada musim hujan ini. Musim hujan merupakan musim dimana mobil bisa cepat rusak. Air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam.
Untuk mencegahnya, berikut tips perawatan mobil yang bisa Anda gunakan:

1. Cek bagian saringan,saluran, tangki bahan bakar
Pastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar bahan bakar tidak tercampur dengan air.Apabila kemasukan air komponen tersebut pasti anda tau apa yang akan terjadi,jalan bisa tersendat-sedat atau juga mogok.

2. Sensor elektrik
Pastikan air tidak akan masuk karena air yang masuk akan membuat mobil mogok karena arus pendek.Kebanyakan mobil pengeluaran terbaru sudah punya banyak sensor elektrik jadi kalau musim hujan jangan pernah telat service rutin,agar dapat memantau kondisi sensor elektrik dan pengamannya agar bekerja dengan baik.

3. Membersihkan permukaan body mobil
Pada saat mobil kena hujan, jangan tunggu air di permukaan mobil kering baru dicuci. Gunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian mobil. Ini bagian penting dalam perawatan mobil.Karena air hujan mengandung kadar garam yang dapat mengeroposkan body mobil

4. Menjaga seal karet
 Semprotkan Silicone Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnya.Contohnya karet dipintu-pintu,karet wiper atau yang lainnya.

5. Pelumasan engsel pintu
Secara berkala aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil agar tidak berkarat.Memang sepele tapi bagian ini sangat penting untuk dirawat karena sering anda gunakan.

6. Lapisilah lantai di dalam mobil dengan koran 
Bertujuan saat hujan anda dapat masuk tanpa membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.Pastinya anda tidak mau jamur tumbuh bebas didalam mobil kesayangankan,karena berdampak pada kebersihan dalam mobil anda.

Semoga 6 cara menjaga keawetan mobil yang B.P.I kasih berguna untuk anda,bisa dipraktekkan walaupun tidak hujan.Jangan lupa share ke lainnya,karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment