Translate

Wednesday 18 January 2017

Arti dibalik kode kemasan oli

Beberapa orang tidak mengetahui arti kode yang tertera pada kemasan oli,kali ini B.P.I akan menjelelaskan beberapa arti kode yang terdapat kemasan oli agar sobat tidak salah pilih oli yang seharusnya dibutuhkan.Langsung saja sebagai berikut:

Kode SAE

Ini berhubungan dengan tingkat kekentalan oli. SAE adalah kependekan dari Society of Automotive Engineer, yakni sebuah asosiasi yang mengatur standarisasi berbagai bidang teknik.
Biasanya di oli akan tertulis SAE 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50. Apa artinya ini? Angka di depan huruf W menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin. Sedangkan setelah angka W adalah tingkat kekentalan pada saat motor sudah bekerja atau sudah panas. Makin panas wilayah, misalnya daerah rata-rata di Indonesia, butuh oli yang cenderung berkarakter panas, misalnya SAE 10W-30 sampai SAE 15 W-50.

Kode JASO

Ini adalah kode untuk motor-motor Jepang. JASO kependekan dari Japanese Automotive Standards Organization. Pada oli biasanya ada kode JASO MA atau JASO MB.
Ini berhubungan dengan bagian mana yang bisa dilumasi dengan oli jenis tersebut. JASO MA bisa melumasi bagian mesin, transmisi, dan sekaligus kopling. Ini dipakai untuk motor semi otomatis seperti jenis motor bebek atau motor cowok yang menggunakan kopling. Sedangan JASO MB adalah oli yang hanya bisa digunakan untuk melumasi transmisi saja. Ini paling cocok hanya untuk motor matic. Jadi kalau punya motor bebek, lebih baik tidak menggunakan oli berkode JASO MB ya sobat.

Kode API

Ini adalah kependekan dari American Petroleum Institute. Kode ini berhubungan dengan jenis oli tertentu untuk mesin yang berbeda-beda. Biasanya, kode setelah API ada huruf S untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan berkode C untuk yang berbahan diesel.
Biasanya, untuk kode API SJ, bisa digunakan untuk motor tua di bawah tahun 2001. SL untuk motor keluaran tahun 2004, SM untuk tahun 2010 dan motor-motor baru gunakan yang berkode SN.

Sekian info yang B.P.I bagi mengenai arti kode yang terdapat pada kemasan oli,apabila bermanfaat jangan lupa share ke lainnya.Karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment