Berikut ini B.P.I akan memberi info tentang penyebab mesin mobil yang
panasnya berlebihan (overheat).Berdampak pada performa mobil
menurun khususnya pada putaran bawah, jika terus dibiarkan dengan kondisi
seperti ini maka lama kelamaan komponen-komponen akan mengalami kerusakan
parah. Umumnya suhu ideal mesin mobil berkisar antara 80 - 90 derajat Celsius.
Jika panas mesin naik 10 derajat saja, maka mesin mobil pun akan terasa seperti
kehilangan tenaga.Biasa terjadi pada mobil yang umur pengoprasian sudah diatas 15 tahun
Peningkatan suhu mesin disebabkan oleh banyak hal, antara lain sirkulasi air
radiator yang kurang baik, putaran kipas pendingin radiator yang bekerja
lamban, hingga kotornya karburator. Jika Anda merasa suhu mesin melonjak
drastis, maka perhatikan beberapa ulasan mengenai penyebab mesin overheat
beserta solusinya berikut ini.
Adanya
gangguan pada radiator
Radiator adalah
sistem pendingin utama yang bertugas untuk mengurangi panas dari air yang
bersirkulasi pada saat mesin mobil bekerja. Karena adanya sirkulasi tersebut,
maka terkadang ada beberapa saluran yang mengalami penyumbatan dikarenakan
adanya kerak. Jika kerak ini semakin membesar, maka sirkulasi air menjadi
terganggu dan menyebabkan sistem pendinginan tidak berjalan secara optimal.
Sekalipun Anda melaju dalam kecepatan tinggi, suhu mesin tidak akan turun.
Berbeda dengan radiator bocor, suhu mesin yang awalnya panas dalam kecepatan
rendah, tetapi suhu mesin akan kembali dingin saat melaju dalam kecepatan
tinggi.
Adanya kerusakan kipas radiator
Komponen yang terletak di depan radiator ini memang seringkali mengalami
gangguan, seperti motor dinamonya yang rusak ataupun kipas yang meleleh karena
panas yang berlebih. Kerusakan ini sebaiknya diserahkan kepada spesialis
radiator. Karena tak semua komponen harus diganti, karena biasanya hanya arang
pada motor yang memang sudah waktunya untuk diganti. Sedangkan jika kipasnya
tidak mau berputar, segera cek soket kipas, karena soket ini seringkali meleleh
akibat adanya korslet saat mesin mobil berada dalam kondisi yang panas. Harga
soket kipas radiator ini tergolong murah.
Adanya
kerusakan pada thermostat
Jika Anda telah
memeriksa beberapa komponen yang telah disebutkan sebelumnya namun suhu mesin
masih tinggi, maka yang patur dicurigai adalah thermostat. Thermostat adalah
komponen yang bertugas untuk membuat air yang bersirkulasi menjadi stabil. Saat
suhu panas, thermostat akan membuka saluran pendinginan yang didinginkan oleh
kipas radiator agar air yang bersirkulasi menjadi dingin kembali.
Jika suhu saat
proses pembakaran telah mencapai kondisi maksimal, maka secara otomatis
thermostat akan menutup. Begitulah mekanisme kerja dari thermostat. Thermostat
yang rusak hanya dapat diatasi dengan cara menggantinya dengan yang baru.
Pompa air
(water pump) rusak
Waterpump
rusak bisa saja diakibatkan oleh adanya kebocoran. Kebocoran ini sangat susah
untuk dideteksi dan diperbaiki. Maka solusi terbaik adalah menggantinya dengan
yang baru.
Pengukur suhu
mesin mobil rusak
Jika semua cara
di atas telah ditempuh namun mesin mobil tak kunjung ideal sebagaimana
mestinya, maka Anda wajib mengecek fungsi swicth dan pengukur suhu yang ada
pada bagian speedometer. Komponen swicth ini terletak dalam blok mesin.
Fungsinya mendeteksi suhu pada mesin dan menampilkannya pada meter suhu pada
bagian speedometer.
Pengecekan fungsi kedua komponen tersebut sebaiknya
dilakukan oleh montir. Karena peralatan yang dibutuhkan lumayan banyak dan
umumnya tidak dimiliki oleh pemilik mobil. Oleh karena itu, jangan paksakan
untuk membongkar semua komponen mobil tanpa adanya tutorial. Semoga beberapa Cara
Mengatasi Mesin Panas atau Overheat yang B.P.I berikan dapat menjadi rujukan bagi anda dan baca juga cara merawat radiator mobil jangan lupa share ke yang lain,karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT
0 comments:
Post a Comment