Translate

Sunday 15 January 2017

Cara menyetel karburator motor




Dalam perjalanannya, seringkali karburator mengalami masalah, seperti gas motor terasa terasa sangat berat, atau gas nya terlalu kencang (mbandang) yang biasanya terjadi karena kesalahan dalam cara setel karburator motor, untuk itu B.P.I akan membagi tips dan Cara Mudah Setting Karburator Motor dan cara membersihkan karburator motor tanpa berlama-lama mari kita langsung bahas seTting karburator yang benar.
Cara Mudah Setting Karburator Motor :
  1. Supaya hasil maksimal, brader bisa dengan mudah cara membersihkan karburator motor dengan membersihkan kotoran yang ada di karburator terlebih dahulu.
  2. Putar setelan angin ke kanan hingga maksimal, kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek lakukan kurang lebih 1,4 sampai 1,5 putaran dan untuk motor sport lakukan hingga 2,5 putaran.
  3. Setelan gas untuk putaran 3000 sampai 5000 rpm.
  4. Coba hidupkan mesin sebagai tolak ukur.
  5. Kemudian setel baut angin hingga kira-kira posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak meletus walau sekecil apapun. untuk motor bebek kira kira antara 1,4 sampai 1,6 putaran, sedangkan untuk motor sport dari 2,4 sampai 2,6 putaran.
  6. Selanjutnya jika sudah terasa suara mesin tertinggi maka coba turunkan pelan-pelan setelan baut gas hingga posisi idle atau istilah orang-orang mesin tidak mudah mati (biasanya sekitar 900 -1100 rpm).
  7. Lalu cobalah untuk men-gas motor brader, cek apakah sudah berada di posisi idle (mesin tidak gampang mati) dan tarikan sudah enak, jika sudah maka motor sudah enak digunakan dan sudah irit.
  8. Jika mesin masih mati atau bermasalah, maka ulangilah mulai dari langkah pertama (sampai Sahabat B.P.I benar-benar terbiasa).

    Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, niscaya tarikan motor sobat B.P.I akan lebih spontan dan lebih efisien, serta bisa lebih hemat bahan bakar, semoga tips tentang Cara Mudah Setting Karburator Motor diatas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk selalu membersihkan karburator secara berkala, karena seringkali karburator yang kotor akan menghambat proses pembakaran di dalamnya sehingga menyebabkan mesin tersendat.Jangan lupa share ke lainnya,karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment