Translate

Saturday, 14 January 2017

Cara merawat mesin motor 4T




Kali ini B.P.I akan memberikan info tenang perawatan mesin motor 4T agar mendapatkan performa yang lebih baik,langsung saja tidak usah tunggu lama.Ada beberapa bagian atau komponen mesin motor bebek 4 tak yang perlu diperhatikan. Komponen seperti katup (klep), karburator, sprocket atau gear, dan exhaust atau knalpot perlu ditangani, karena merupakan kunci dari performa sepeda motor bebek 4tak, pentuk penanganannya adalah:

1. Katub klep,valve
Hal pertama yang dilakukan adalah, brader dianjurkan mengecek kerapatan katup motor, usahakan kerengganan katup motor disesuaikan dengan kerenggangan yang tercantum pada petunjuk manual servis, jika terlalu renggang akan mengakibatkan laju motor jadi pelan dan tarikan gas terasa lebih berat, sebaliknya jika terlalu rapat mengakibatkan respon tarikan gas motor jadi terlalu sensitive, sesuaikan dengan selera brader sebagai pengendara. 


2.Karburator
Untuk tips yang kedua berkutat pada masalah karburator motor, karburator merupakan bagian vital dari motor yang mengatur perbandingan udara dan bensin dalam pengkabutan bahan bakar sehingga sangat menentukan tenaga motor, jika setingan karburator terlalu kering maka mengakibatkan motor mudah mati, sebaliknya jika terlalu basah maka konsumsi bensin boros karena bahan bakar terbakar percuma, maka dari itu setingan karburator yang pas adalah tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, brader bisa mengganti ukuran main jet ke angka 97,5 atau 100, kemudian naikkan skep sekitar 1 – 2 step agar perbandingan bensin dan udara bisa pas. 


3.Gear dan rantai
Untuk tips yang ketiga ada pada bagian sprocket atau gear, aturlah kondisi sprocket motor agar tarikan motor jadi enak, caranya brader tinggal mengganti gear bagian belakang dengan yang berukuran lebih besar sekitar 1 atau 2 mata sebagai contoh bebek standar 4 tak sprocket Honda Supra X yang berukuran 37 bisa diganti dengan yang berukuran 38 atau 39, untuk gear depan biarkanlah dengan ukuran standar karena jika diperkecil akan mengakibatkan motor terasa jalan ditempat sedangkan jika diperbesar tarikan sepeda motor akan menjadi berat di awal. 


4.Knalpot/exhaust

Untuk tips yang ke empat dan yang terakhir adalah membenahi knalpot atau exhaust pipe, agar mendapatkan performa motor yang maksimal, brader dianjurkan menggunakan knalpot versi free flow atau tanpa sekat, akan tetapi lakukan perhitungan yang tepat. pastikan pipa diameternya sedikit lebih besar, jangan terlalu panjang dan banyak lekukannya karena bisa melemahkan tendangan balik dari sepeda motor. 

5.Oli


Yang terakhir adalah oli,banyak orang bertanya - tanya apakah oli yang bagus padahal oli pengeluaran terbaru mempunyai kualitas yang bagus,tetap tepat waktu dalam penggantian oli berkalanya.Jangan sampai telat pengganitan,percuma pakai oli mahal - mahal tapi telat dalam penggantian.Mending pakai oli yang biasa tapi saat penggantian oli tidak pernah telat.Yang membedakan setiap oli mempunyai sifat dan karakteristik sendiri - sendiri.

Baca juga tips membuat kencang motor biaya murah tanpa resiko

Setelah semua beres tinggal uji coba deh motornya, jangan lupa panasi dulu sebelum tes drive, itulah beberapa info yang B.P.I berikan tentang tips – tips Meningkatkan Performa Mesin Motor 4T yang bisa membuat motor sobat bakal berlari lebih kencang, cukup sederhana bukan, tidak terlalu sulit dilakukan, jangan lupa untuk memastikan kembali tiap langkah diatas agar tidak ada yang terlewat, setelah melakukan setingan seperti diatas dengan benar, motor bebek 4T sobat bisa meningkat.Jangan lupa share keyang lain,karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment