Translate

Wednesday 18 January 2017

Perawatan gear dan rantai motor




Bagi sobat yang sering mengalami masalah dengan rantai alangkah baiknya untuk mengenali penyebab rantai motor kendor. Berdasarkan pengalaman B.P.I, penyebab umum rantai motor berisik dan rantai motor bermasalah bisa karena:
Penyebab rantai bermasalah

1. Seringnya Menarik Gas Mendadak
Menarik tuas motor secara mendadak dan langsung terlalu dalam bisa menyebabkan rantai motor tertarik secara spontan. Akibatnya bisa mempercepat rantai kendur. Lebih baik brader mnarik tuas gas sewajarnya, khususnya buat motor yang digunakan sehari – hari tanpa setingan khusus.

2. Kelebihan Muatan
Over capacity atau kelebihan muatan juga bisa menyebabkan rantai motor lebih cepat kendur. Hal ini karena beban motor yang terlalu berat akan memaksa rantai menarik lebih kuat sehingga membuat jarak rantai ke arm semakin panjang.

3. Kondisi Jalan
Medan jalanan yag berat, tidak rata dan berlubang – lubang mau tidak mau akan membuat motor termasuk rantai tergoncang – goncang. Selain itu beban kerja rantai akan lebih berat sehingga rantai cepat kendor.

4. Perawatan yang Jarang
Bagi brader yang jarang merawat rantai juga beresiko membuat rantai cepat kendur atau putus. Akibat jarang merawat, rantai akan cepat kotor, kurang pelumas atau bahkan berkarat. Biasanya rantai yang jarang dirawat juga berbunyi saat digunakan pertanda jika kondisi rantai kotor dan jelek.

5.Setelan Rantai Kurang Pas
Setelan rantai kurang pas juga beresiko membuat rantai menjadi cepat rusak. Misalnya jika kondisi rantai terlalu kaku bisa berakibat rantai patah sewaktu – waktu saat dikendarai. Sebaliknya setelan rantai terlalu kendor juga penyebab rantai motor sering lepas,  membuat rantai  lama kelamaan bisa putus.

6. Menurunkan Perseneling Secara Spontan
Hal ini juga lumayan sering dialami sengaja maupun tidak sengaja (kecuali motor matic). Biasanya saat brader dalam kondisi melesat kencang kemudian mengurangi gear akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras pertanda ada benturan pada rantai dan gear. Alangkah baiknya brader mengerem dulu sejenak hingga kecepatannya pas sebelum mengurangi gear.


 Perawatan rantai
Nah jika brader sudah mengetaui beberapa penyebab rantai bermasalah maka akan lebih mudah mencari solusi dalam hal perawatan. Berikut ini beberapa tips untuk merawat rantai agar tidak cepat kendor:

1. Jarak Main Bebas Lengan Ayun
Jika melihat dari standar pabrikan, jarak main bebas biasanya memiliki setelan sekitar 15mm. Agar brader bisa melakukan penyetelan rantai motor yang pas, tidak cukup hanya dengan berpatokan saat motor tanpa beban diposisikan dengan standar tengah. Untuk menyetel ketegangan Ukuran Rantai Motor secara akurat harus pada saat kondisi motor menerima beban (minimal berat 2 pengendara motor).

2. Mengguakan Stasioner Rantai
 
Cara ini cukup simpel karena brader cukup pergi ke bengkel modifikasi untuk membeli dan memasangkan stasioner rantai. Biasanya mekanik bengkel sudah tahu patokan pemasangan stasioner agar lebih presisi dan pas. Paling tidak pilihlah stasioner racing agar terjamin kualitasnya, atau bisa pilih harga yang lebih mahal karena biasanya bahannya lebih bagus dan awet.

3. Mengganti Gearset
Solusi ini adalah yang paling ampuh karena pastinya tiap partnya sudah sesuai antara 1 dengan lainnya. Untuk pergantian gearset sendiri brader harus menyesuaikan dengan kondisi, merk dan jenis motor (yang pastinya berbeda – beda) serta mengkondisikan dengan medan jalanan (jalan kota rata, pegunungan menanjak, dll) yang brader lalui.
 Sekian artikel yang B.P.I buat mengenai perawatan gear dan rantai motor,semoga membantu sobat,jangan lupa share ke yang lain.Karena BERBAGI ILMU ITU INDAH DAN BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment